Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagaimana Meningkatkan Penjualan dengan Media Sosial

Meningkatkan penjualan hukumnya wajib untuk setiap orang yang berjualan entah offline maupun online, namun bagaimana caranya untuk meningkatkan penjualan dengan media sosial?

Pada era saat ini pasti semua orang yang memiliki usia 5 – 50 tahun di seluruh dunia memiliki sosial media online, namun kebanyakan orang di luar sana masih menggunakan sosial media sebagai sarana untuk ngobrol dengan banyak orang yang dikenal, hanya sedikit orang yang paham fitur-fitur media sosial yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan.

Melakukan promosi di media sosial adalah langkah yang tepat, karena media sosial mempunyai banyak pengguna.

Berikut kelebihan sosial media untuk berjualan

  1. Menjangkau banyak orang.
    Total pengguna media sosial di Indonesia sebanyak 160 juta orang, dengan pengguna terbanyak berusia 24-25 tahun. Ini sangat menarik bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan dengan target pasar usia seperti ini. 
    Promosi di media sosial tidak harus berbayar, ada yang disebut sebagai organik, yaitu semua yang dilakukan dengan cara tanpa iklan, ini dapat menjangkau banyak pengguna media sosial, jadi langkah ini bisa dilakukan oleh Anda untuk meningkatkan penjualan.
  2. Meningkatkan Awareness.
    Brand awareness merupakan cara untuk mengenalkan produk Anda dengan menampilkan sesering mungkin ke pada pengguna sosial media, dengan begitu produk yang Anda jual dapat dengan cepat dikenali banyak orang.
    Untuk melakukan Brand Awareness pastikan konten yang dibuat dapat memberi manfaat bagi para pengguna media sosial itu sendiri.
  3. Meningkatkan Penjualan.
    Untuk dapat menjangkau banyak orang yang lebih luas iklan merupakan cara satu-satunya yang dibilang sangat dibutuhkan. Namun, untuk memasang iklan tidak langsung dapat meningkatkan penjualan, harus ada follow up ulang yaitu dengan cara retargeting dari orang yang telah membuka iklan yang sudah berjalan.
    Untuk melakukan pembelian oleh calon konsumen tidak cukup hanya dengan 1 kali tampilan iklan, masih butuh 2 – 10 iklan yang dilihat. Dengan cara ini calon pembeli akan sadar tentang produk Anda entah itu manfaat atau kelebihan.

Nah dari tiga keuntungan menggunakan media sosial untuk berjualan, lantas gimana cara yang tepat dan bijak dalam menggunakan media sosial untuk berjualan, berikut tips untuk meningkatkan penjualan dengan media sosial.

  1. Target audiens.
    Ketahui demografi dari calon konsumen Anda terlebih dahulu.
    Pastikan target pasar adalah pengguna media sosial yang Anda gunakan, gimana maksudnya?
    Jadi ketika mulai berjualan di media sosial pastikan calon konsumen Anda juga bermain media sosial yang sama.
    Misal Anda mulai menggunakan facebook untuk berjualan dan membuat konten menarik tapi calon konsumen Anda bermain di Instagram. Ini akan jadi hal yang percuma.
  2. Buat akun bisnis.
    Setelah mengetahui terget pasar, selanjutnya adalah membuat akun bisnis untuk media sosial.
    maksudnya akun bisnis adalah lengkapi semua profile yang ada untuk menunjukan bahwa akun Anda ini untuk berjualan, ada alamat, website, nomor telfon dan lain sebagainya.
  3. Buat konten yang bermanfaat.
    Hal yang paling susah adalah komitmen dan fokus untuk membuat konten yang bermanfaat, karena dengan konten yang bermanfaat orang lain akan lebih percaya kepada akun media sosial Anda dan mereka merasa akun medisa sosial Anda bisa memberikan manfaat untuk mereka.
  4. Sering berinteraksi dengan calon konsumen.
    Berinteraksi untuk membangun relasi kepada calon konsumen Anda, beri mereka perhatian, berikan pertanyaan-pertanyaan yang membuat mereka menjadi merasa diperhatikan.
    Dengan cara ini reputasi dan brand untuk bisnis Anda akan semakin dikenal baik.
  5. Gunakan iklan.
    Jangkau lebih banyak pengguna dari akun media sosial, bisa dengan beriklan atau dengan membayar orang (Influencer) untuk lebih mengenalkan manfaat dan kelebihan dari produk Anda.
    Tapi perlu diingat untuk mengatur kebutuhan biaya iklan itu sendiri ya.
  6. Baca laporan Iklan dan jadikan sebagai tolak ukur untuk membuat iklan.
    Yang terakhir, lakukan analisa dari data yang telah diperoleh dari beriklan, gunakan data ini dan jadikan acuan apakah iklan yang telah dilakukan dapat meningkatkan penjualan atau malah rugi dengan biaya yang telah dikeluarkan.

Jadi kesimpulannya, gunakan media sosial untuk memasarkan produk Anda agar dapat dikenal oleh banyak orang atau calon konsumen Anda.

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Artikel lainnya